Panduan Pemula untuk Mendesain Cetak

Panduan Pemula untuk Mendesain Cetak

Design untuk cetak dapat tampak cukup menakutkan jika Anda seorang pemula. Ketika memilih desain untuk cetak vs web, Anda tidak hanya harus membuat desain yang terlihat sempurna di layar komputer, Anda juga harus memastikan bahwa itu akan keluar sama baiknya dengan cetak. Untuk itu, Anda perlu memiliki pengetahuan dan pemahaman mendalam tentang desain cetak , profil warna, resolusi, ukuran, dan perangkat lunak pengedit gambar.

Dalam perjalanan Anda untuk menjadi ahli dalam desain grafis untuk cetak , Anda akan membuat banyak kesalahan dan belajar darinya. Tapi di sini adalah hal-hal penting yang harus Anda pahami sejak awal.

Panduan Pemula untuk Mendesain Cetak

Panduan Pemula untuk Mendesain Cetak

    • Perbedaan antara RGB dan CMYK

Pemula sering menyalahgunakan skema warna RGB dan CMYK karena kurangnya pemahaman mereka tentang perbedaan keduanya. RGB (merah, hijau, biru) adalah skema warna aditif di mana cahaya digunakan untuk mencampur pigmen, yang berarti semakin banyak cahaya yang Anda tambahkan, semakin cerah warna yang didapat. RGB terlihat bagus di layar komputer tetapi tidak begitu baik dalam mencetak.

Sebaliknya, CMYK (cyan, magenta, kuning, dan kunci (hitam)) adalah skema warna subtraktif di mana campuran tinta digunakan untuk membuat rona berbeda, yang berarti semakin banyak tinta yang Anda campur, semakin gelap warnanya. Karena alasan ini, CMYK sangat bagus untuk desain untuk mencetak . Membuat desain Anda dalam RGB dan bukan CMYK dapat menghasilkan warna layar yang mengagumkan yang tidak dapat dicetak.

    • Hindari menggunakan nilai hitam default Photoshop

Terkadang Anda harus menggunakan hitam sebagai warna latar belakang Anda. Tetapi Photoshop hitam standar mengkonsumsi banyak tinta. Lihatlah nilai CMYK-nya dan Anda akan melihat 75,68,67,90 yang berarti 75 persen cyan, 68 persen magenta, 67 persen kuning, dan 90 persen hitam (total cakupan 300 persen). Ini adalah pemborosan besar tinta yang mahal. Jadi, hindari menggunakan nilai CMYK default untuk hitam untuk warna latar belakang. Sebaliknya, atur nilai hitam Anda secara manual. Jangan atur ke 0,0,0.100, karena tampak lebih banyak abu-abu gelap daripada hitam dalam cetakan. Pilihan populer untuk orang kaya kulit hitam adalah 50,40,40,100.

    • Jangan atur nilai warna CMYK Anda terlalu tinggi

Terlepas dari warna primer, setiap warna lainnya adalah campuran dari warna primer dalam skema CMYK. Sementara menambahkan nilai CMYK menambah lebih banyak warna pada gambar, mengatur nilai terlalu tinggi bukanlah ide yang baik. Gambar apa pun dengan cakupan total lebih dari 280% (misalnya 80, 75, 85, 60) dapat keluar sebagai warna berlumpur jelek di atas kertas meskipun mungkin tampak hebat di layar. Ini karena cara tinta berwarna dicampur dalam kehidupan nyata dan juga karena cara pencetakan permukaan menyerap tinta. Jadi jangan atur nilai CMYK Anda terlalu tinggi.

    • Jangan membuat ukuran font Anda terlalu kecil

Teks yang terlalu kecil sering terlihat tidak terbaca dalam cetakan karena printer menggunakan kepadatan titik yang lebih rendah di area yang tidak memerlukan banyak jangkauan. Sebagai aturan umum, ukuran font apa pun yang lebih kecil dari 6 poin tidak baik untuk dicetak. Tetapi juga tergantung pada font. Beberapa font bagus dengan ukuran lebih kecil sementara yang lain menghilang begitu saja karena garisnya yang super halus.

    • Atur resolusi untuk cetak dan bukan untuk layar

Resolusi adalah salah satu bidang yang sering membingungkan bagi pemula. Pada layar komputer, resolusi hanya menentukan seberapa besar suatu gambar terlihat, tetapi dalam cetak, resolusi menentukan seberapa tajam dan tajam gambar akan muncul. Gambar 72ppi mungkin terlihat bagus di situs web Anda, tetapi tidak akan terlihat bagus di media cetak. Resolusi standar untuk pencetakan adalah 300ppi. Setelah Anda menetapkan resolusi, Anda tidak dapat memperbesarnya, jadi pastikan untuk mengatur resolusi yang benar sebelum menyimpan gambar Anda.

Hal-hal lain yang perlu Anda lakukan ketika mempelajari cara mendesain untuk cetak termasuk bleed, kern, spell check dan proofread.

Untuk informasi tambahan tentang desain untuk cetak vs web dan kebutuhan pencetakan Anda, jangan ragu untuk kontak Elang Graphics, Inc . Salah satu perwakilan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Post

10 Tips dan Trik Printer Terbaik yang Mungkin Belum Anda Ketahui

10 Tips dan Trik Printer Terbaik yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Kami menggunakan printer setiap saat karena berbagai alasan berbeda. Ketika masalah terjadi, kebanyakan orang mulai mengetuk telepon mereka untuk memanggil pemeliharaan. Tetapi printer bukanlah mesin yang sangat rumit, dan ada

Perawatan Printer Sederhana Agar Tahan Lama

Perawatan Printer Sederhana Agar Tahan Lama

Printer adalah alat utama yang harus dimiliki oleh para pengusaha percetakan. Kebutuhan akan printer dirasa sangat tinggi mengingat di zaman serba digital sering kali seseorang membutuhkan file yang ada di

Masalah dan Pemecahan Masalah Pada Printer

Masalah dan Pemecahan Masalah Pada Printer

Jika Anda seperti kebanyakan pebisnis, dan Anda memiliki printer, Anda bergantung padanya untuk menyelesaikan pekerjaan. Untuk beberapa pemilik bisnis, kata-kata “printer HP saya tidak mencetak” sangat menjengkelkan. Jika Anda bergantung